PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA AMIK DT. PARPATIAH NAN SABATANG (AMIK DAPARNAS)

  • Ash Shadiq Egim STIE Perbankan Indonesia
Keywords: Loyalitas mahasiswa, Bauran pemasaran jasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik) terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas. jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa akti di amik daparnas ta.2015/2016. sampel ditentukan berdasarkan metode stratified random sampling secara proporsional, sebanyak 139 responden. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas. 2)harga (biaya kuliah) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas. 3) lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas. 4)promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas . 5)orang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas. 6)proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas. 7)bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa amik daparnas.

References

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Al Muala, A & Al Qurneh, M. 2012 “Assessing the Relationship between Marketing Mix and Loyalty through Tourists Satisfaction in Jordan Curative Tourism”. American Academic & Scholarly Research Journal”. Vol 4, No,2, ISSN 2163-321X, E-ISSN 2162-3228
Bawantara, Agung. 2007. Lulus SMA kuliah dimana? Panduan memilih program studi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Charles, Joshep dan Carl McDaniel. 2001. Pemasaran. Diterjemahkan David Octarevia. Jakarta : Salemba Empat.
Dworo.2010. Obsesi Orang Tua Atau Cita-Cita Anak.(Online) www. dworo.wordpress.com. Diakses tanggal 20 Februari 2016.
Engel, James F., dkk. 1995. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Budianto. Jakarta: Bina Aksara.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Diterjemahan oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.
Gasperz, Vincent. 2012. All in one Management Toolbook. Bogor: Tri Al Bros Publishing.
Hair, Jr., R.E. Anderson, R.L. Tatham, & W.C. Black (2013), Multivariate Data Analysis A Global Perspective, 7th edition, Upper Saddle River, New jersey: Pearson Education.Inc.
Hasan, Ali. 2008. Marketing: Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan. Yogjakarta: Media Pressindo.
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alvabeta
Idris. 2015. Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif dengan Program SPSS. Padang : FE UNP
Indriantoro, Nur dan Bambang. 1999. Metode Penelitian Bisnis untuk akuntansi dan manajemen, Edisi pertama. Yogyakarta: IKAPI
Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I Edisi XII. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke-13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kusumawati, Reni, Purnamasari & Sardiyo. 2013. “Factors Affecting consumer Loyalty of Music Products in Indonesia”. Journal of Economics, Business and Management, Vol. I, No. 3
Lovelock, Christopher dan Jochen Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa jilid I Edisi Tujuh. Diterjemahkan oleh Dian wulandari dan Devri. Jakarta : Erlangga
Christopher & Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa (Terjemahan Agus Widyantoro) Jakarta: PT. Indeks
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Penerbit Salemba Empat
Lumintang, Andrew A, 2013. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebouy di Kota Manado. Journal EMBA, Vol.1 No.3 September 2013, Hal 140-150
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Ed. 2. Jakarta : Salemba Empat.
. 2008. Bauran Pemasaran Bisnis Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Marshall, Greg W dan Mark W. Jhonston. 2010. Marketing Management. New York.McGraw-Hill.
Nastiti, Rizki,dkk, 2013. Analisis Pengaruh Marketing Mix terhhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM) (Studi Kasus UKM Teguh Raharjo Ponorogo).
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Semarang: Andi.
Olson, J & Peter P. 2005. Consumer Behaviour and Marketing Strategy (Terjemahan Damos Sihombing). Jakarta: Erlangga.
Nurullaili & Wijayanto, Andi. 2013. “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 2, No.1 hal: 89-97
Olakeke, Ogunnaike. 2014. “Empirical Analysis of Marketing Mix Strategy and Student Loyalty in Education Marketing”. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol 5, No. 23 hal: 616-625
Owomeyela, S.K dkk. 2013. “Investigating the Impact of Marketing Mix Element on Consumer Loyalty: An Empirical Study on Nigerian Breweries PLC. “Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. Vol. 4, No. 11 hal: 485-496
Parasuraman, A. 2005. Service Quality. Coral Gables : University of Miami, Library Assessment and Benchmarking Institute Monterey.
Parasuraman. A. 2007. “Reasessment of Expectations as Comparison standard in measuring Service Quality : Implication for Future Research”. Journal of Marketing. Vol V No. 22 hal: 251-260
Payne, Adrian, 2005. Pemasaran Jasa” Terjemahan Fandy Tjiptono Edisi 1. Yogyakarta :Andi
Perreault, D William, Cannon & Mc Carthy, Jerome. 2008. Essentials of Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach. San Fransisco: Mc Graw-Hill International Edition.
Prabu, Anwar. 2002. Perilaku Konsumen,Edisi Revisi. Bandung: Refika
Probosuci, Kustania. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus : Restoran Jepang Saboten Shokudo, Malang)
Putra dan Sulistyawati, 2013. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Mengwi, Badung, Bali”. E-Journal Manajemen Universitas Udayana. Vol.2, No.8
Putra, Febri Tri Bramasta dan Raharja, Edy. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Pyne, Adrian. 2000. Pemasaran Jasa. Alihbahasa oleh Fandi Tjiptono, Edisi 1, Yogyakarta : Andi
Rakhsa, Ramin & Majidazar, M. 2011. “Evaluation of Effectiveness Marketing Mix on Consumer Satisfaction and Loyalty: (Case Study: The East Azarbaijan Pegah Diary Company in Tabriz, Iran). Middle-East Journal of Scientific Research. Vol. 10, No. 5, hal: 755-763
Rambat dan A. Hamdani.2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.
Santosa, 2005. Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Pada BRI Unit Gubug Cab.Purwodadi Grobogan, Fak.Ekonomi UMK.
Selang, Christian AD , 2013. “Bauran Pemasaran (Marketing mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado”. Journal EMBA, Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal 71-80
Setiawardi, Aripin. M. Ali Ramdhani. Andri Ikhwana. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan di Taman Air Panas Drajat Pass. Jurnal Kalibrasi Sekolah Tinggi Teknologi Garut. ISSN :2302-7320 Vol. 11 No. 1 2013
Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.
Surya dan A. Setianingrum, 2009. Analisis Persepsi Konsumen pada Aplikasi Buaran Pemasaran serta Hubungannya Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi kasus pada Hypermart Cabang Kelapa Gading). Journal of Business Strategy and Execution 2.
Solomon R. Michael, Greg W. Marshal & Elnora Stuart. 2009. Marketing: Real People,Real Choice. New Jersey: Pearson Education International.
Stanton, William, J. 2003, Prinsip Pemasaran, Jilid 1, terjemahan Y. Lamarto. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi
. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Umar, Husain. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama dan Jakarta Business Research Center.
Zeithaml, Valarie A., and Mary Jo, Bitner. 2001. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Third Edition. North America.
Published
2018-12-27