PENGARUH PENJUALAN DAN PERPUTARAN KAS TERHADAP RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • Mairinal Avis STIE Haji Agus Salim Bukittinggi
Keywords: Penjualan, Perputaran Kas, Return on Investment (ROI)

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan, perputaran kas dan pengaruh penjualan dan perputaran kas secara bersama-sama terhadap Return on Investment (ROI) pada perusahaan farmasi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2018. Jenis data yang digunakan adalah data empiris. Pengujian menggunakan metode Regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik. Hasil diperoleh bahwa penjualan berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Investment (ROI). Demikian variabel perputaran kas berpengaruh positif signifikan terhadap Return on Investment (ROI). Kemudian penjualan dan perputaran kas secara bersama-sama berpengaruh signifkan terhadap Return on Investment (ROI). Berdasarkan dari temuan di atas penulis menyimpulkan agar pihak perusahaan agar selalu meningkatkan penjualan dengan cara melihat atau pandai memprediksi kondisi dan kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, kondisi organisaasi perusahaan, dan faktor lain sehingga peningkatan Return on Investment (ROI) yang dihasilkan perusahaan kedepannya lebih baik lagi. Dan juga agar pihak perusahaan agar selalu meningkatkan penjualan dengan cara mengurangi hutang perusahaan, bertambahnya modal dan adanya keuntungan dari operasi perusahaan sehingga peningkatan Return on Investment (ROI) yang dihasilkan perusahaan kedepannya lebih baik lagi.

References

Algifari. (2000). Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gujarati, D. (1995). Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.
Halim, A.(1999). Manajemen Keuangan Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE.
Harahap, S. S. (2006). Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Harahap, S. S. (2001). Teori Akuntansi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali.
Mohamad. (2009). Dipetik Mei 2016, dari afidburhanuddin.wordpress.com.
Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi. Yogyakarta : Salemba Empat.
Munawir, S. (2004). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty.
Nickels, W. G. (1998). Dipetik 2016, dari penjualankita.blogspot.com.
Riyanto, B. (2011). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan Yogyakarta: BPFE.
Rudianto. (2006). Akuntansi Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Samryn, L. M. (2011). Pengantar Akutansi. Jakarta: Rajawali.
Soediyono, R. (1999). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Subramanyam, K. R. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.
Sumantoro. (1990). Pengantar Tentang Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sumantoro. (1990). Pengantar Tentang Pasar Modal di Indonesia. Jakarta :GhaliaIndonesia.
Syamsuddin, L. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Rajawali.
Warsono. (2003). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Bayu Media.
Wasis. (1993). Pembelanjaan Perusahaan. Salatiga : UKSW.
Weston, J. F. (2008). Dalam Kasmir, Analisis Laporan Keuangan.
Widiarti, Y. R. (2009). Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Return On Investment (ROI) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2004-2006. Dipetik Januari 2016, dari lip.unnes.ac.id/945/1/2399.pdf.
Winardi. (1991). Dipetik 2016, dari penjualankita.blogspot.com.
www.idx.co.id
www.sahamok.com/pasar-modal/. (t.thn.).
Published
2020-06-30