PENGARUH LINGKUNGAN INTERNAL TERHADAP KINERJA USAHA (suatu studi pada industri kecil konveksi intan collection)

  • Widya Pratiwi STIA Setih Setio Muara Bungo
Keywords: lingkungan internal, kinerja

Abstract

Lingkungan internalmerupakan cerminan kekuatan atau kelemahan dari suatuorganisasi perusahaan yang mencerminkan kemampuan manajemenuntuk mengelola perusahaan. Salah satu faktor yang diduga terkait dengan Lingkungan internal ini adalah Kinerja Usaha. Dengan demikian, penelitian ini berupaya mengungkapkan hubungan antara Lingkungan internal dengan Kinerja Usaha yang dilakukan pada Konveksi Intan Collection. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disusundalam bentuk skala sikap dan dilengkapi dengan pendalaman kepustakaan. Angket di bagikan kepada 30 responden yang terpilih menjadi sampel melalui teknik (proportional stratified random sampling). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan diakhiri dengan menghitung koefisien determinasi (koefisien penentu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  r = 0,693  yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara variabel Lingkungan internal dengan Kinerja Usaha. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh t hitung = 5,092 >  t tabel = 2,048 yang menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Koefisien determinasi adalah 0,481 yang berarti bahwa kontribusi faktor Lingkungan internal terhadap Kinerja Usaha adalah sebesar 48,1%. Hal ini menegaskan bahwa besarnya pengaruh variabel lain di luar faktor Lingkungan internal terhadap Kinerja Usaha ini adalah 51,9%.

References

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitianuntuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Asep M.Ramdan. 2008 Oktober 22. “Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasanKonsumen” . (http://asep-m-ramdan.blogspot.com).
Aviliani, R dan Wilfridus, L. 1997. “Membangun Kepu asan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan”. Usahawan, No.5
Ayu Wulandari. 2009. “Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat PenjualanMinuman Yakult pada PT. Yakult Indonesia Persada Cabang Padang” ,Skripsi Tidak Dipublikasikan. STIE DHARMA ANDALAS. Padang.
Bernadine. 2005. “Analisis Pengaruh Kualitas Layana n terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Rumah Makan Pondok Laras di Kelapa Dua, Depok”. Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol. 12, No. 3 September 2005, h. 318-336
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogyakarta: Penerbit Andi. Offset 2004.
Freddy Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia,
Singgih Santosa. 2004. SPSS Versi 10 Mengolah Data Statistik SecaraProfesional. Jakarta: PT. Gramedia.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Published
2019-06-18