ANALISIS MONDAY EFFECT, WEEKEND EFFECT DAN PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA KELOMPOK SAHAM INDEKS LQ 45 DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE FEBRUARI 2017 – JANUARI 2018

  • Tiara Intan Sari STIE Muhammadiyah Jakarta
  • Susi Susilawati STIE Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Monday Effect, Weekend Effect, Return saham, Hari Perdagangan

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) adalah untuk mengetahui perbedaan return saham pada hari Senin sampai dengan hari  Jumat (2) untuk mengetahui apakah terjadi Monday Effect pada perdagangan saham, (3) untuk mengetahui apakah terjadi Weekend Effect pada perdagangan saham, (4) untuk mengetahui pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harian saham perusahaan-perusahaan  yang masuk ke dalam indeks LQ 45 pada periode Februari 2017 sampai Januari 2018 yaitu berjumlah 42 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji beda (one sample t test dan independent sample t test), uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat Perbedaan signifikan return saham pada hari perdagangan (2) Tidak Terjadi Monday Effect pada perdagangan saham pada kelompok saham indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (3) Tidak terjadi Weekend Effect pada perdagangan saham pada kelompok saham indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia (4) Pada Uji t menunjukkan bahwa hari Selasa, Rabu, dan Kamis berpengaruh signifikan terhadap return saham sedangkan pada hari Senin dan Jumat tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. 

References

Agustina, N. (2014). Pengaruh Beta Saham Terhadap Return Saham Hari Senin dan Jumat Pada IDX30. Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen.
Alzeta, M. (2007). Efek Hari Perdagangan Terhadap Return Saham: Suatu Telaah Atas Anomali Pasar Efisien. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 3, No. 1, 31-42.
Anwar, Y., & Mulyadi, M. S. (2015, May 7). The Day Of The Week In Indonesia, Singapore, And Malaysia.
Arieyani, P. (2009). Efek Anomali Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 13, No. 1, hal. 1- 14.
Binarto, I. (2006). Day Of The Week Effect Terhadap Daily Market Return Di Bursa Efek Jakarta Periode 1983-2004. Skripsi.
Budileksamana, A. (2005). Fenomena The Monday Effect Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal.
Budileksmana, A., & Hambayanti, S. (2006). Stabilitas Fenomena The Monday Effect Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, Vol. 7 No. 2.
Cahyaningdyah, D. (2005). Analisis Pengaruh Har Perdagangan Terhadap Return Saham: Pengujian Week-Four Effect dan Rogalski Effect di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, Vol. 20, No. 2.
Cahyaningdyah, D., & Witiastuti, R. S. (2010). Analisis Monday Effect Dan Rogalski Effect Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 1, No.2, 154-168.
Chepe. (2009, November 11). Kumpulan Pengetahuan Terbatas. Retrieved Agustus 17, 2018, from blogspot: http://listyo-punya.blogspot.com/2009/11/abnormal-return.html
Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi Ketiga ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.
Iramani, R., & Mahdi, I. (2006). Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham Pada BEJ. Akuntansi Dan Keuangan Vo. 8, No. 2, 63-70.
Iswardhini, T. D. (2013). Pengaruh Monday Effect Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2012. Skripsi.
Jogiyanto. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi 10 ed.). Yogyakarta: BPFE UGM.
Jogiyanto. (2017). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi (Edisi Kesebelas ed.). Yogyakarta: UGM.
Kurniawan, A. A. (2012). Analisis Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham Perusahaan Bidang Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Probisnis Vol. 5 No. 2, 62-73.
Luhgiatno. (2011). Analisis Weekend Effect Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, Vol. 2 No 2.
Lutfiaji. (2013). Pengujian The Day Of The Week Effect, Week Four Effect, dan Rogalski Effect Terhadap Return Saham LQ 45 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal.
Masitoh, T. (2015). Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Perkebunan Di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4-15.
Nachrowi. (2006). Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.
Nachrowi, N. D., & Usman, H. (2006). Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika Untuk analisis Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: LPFE Universitas Indonesia.
Purwati, A. I. (2015). Studi Pengaruh Hari Perdagangan Terhadap Return Saham Pada BEI: Pengujian Week Four Effect Dan Rogalski Effect. skripsi.
Rahmawati, S. (2016). Analisis Monday Effect Dan Weekend Effect Pada Return Saham Perusahaan LQ 45 Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ). Bandung: Alfabet.
Sularso, H., Suyono, E., & Rahmawanto, D. (2011). Analisis Monday dan Weekend Effect Pada Saham Perusahaan LQ 45 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal.
Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi. (G. Sudibyo, Ed.) Yogyakarta: PT Kanisius.
Thadete, M. G. (2013). Fenomena "Monday Effect" Di Bursa Efek Indonesia. Finesta Vol. 1, No. 2, 96-101.
Wati, L. N. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis Terapan Aplikasi SPSS, EVIEWS, Smart PLS, dan AMOS. (Momon, Ed.) Bandung: CV. Mujahid Press.
Wihandaru. (2004). Pengaruh Hari Perdagangan Saham Terhadap Indeks Harga Saham (Kasus Paada IHSG dan Indeks LQ45 Tahun 2000). Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 12 No.1 , 73-89.
Wijaya, H. (2013). Anomali Pasar Day Of The Week Effect dan Monday Effect Pada Bursa Efek Indonesia. skripsi.
Published
2018-12-27