PENGARUH KEMAMPUAN LABA DAN ARUS KAS OPERASI DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS OPERASI MASA DEPAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Yessi Rinanda

  • Yessi Rinanda Akademi Akuntansi Indonesia (AAI) Padang
Keywords: Prediksi Arus Kas Operasi Masa Depan, Laba, Arus Kas Operasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh laba dan arus kas operasi dalam memprediksi arus kas operasi masa depan. Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposivesampling. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 0,05 maka hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Laba berpengaruh signifikan positif terhadap arus kas operasi masa depan, dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05 atau nilai thitung> ttabel yaitu 14,782 > 1,968 dan β sebesar 0,504 (H1 diterima). 2) Arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap arus kas operasi masa depan, dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai β sebesar 0,513 dan thitung> t table yaitu 9,743 > 1,968 (H2 diterima). 3) Laba memiliki kemampuan yang lebih baik dari pada arus kas operasi dalam memprediksi arus kas operasi masa depan, dimana laba memiliki nilai standardized coefficients beta lebih besar dari nilai arus kas operasi, yaitu 0,582 > 0,384 (H3 diterima).

References

Belkaoui, Ahmed Riahi, 2006. Teori Akuntansi, Buku 2, Edisi kelima, Salemba. Empat, Jakarta.
Dahler, Yolanda dan Rahmat Febrianto. 2006. Analisis Kemampuan PrediktifEarning dan Arus Kas dalam memprediksi Arus Kas Masa Depan.Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisi Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar. N. 2007. Ekonometrika Dasar (Zain Sumarno Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Harahap, Sofyan Syafri. 2008. TeoriAkuntansi. Edisi Revisi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hendriksen, Eldon Sdan Michael F. Van Breda. 1996. Teori Akuntansi. Buku kedua, Jakarta: Erlangga.
IAI.2012. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.
Indri, Yuliafitri. 2011. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laba dan Arus Kas Masa Depan Pada Perusahaan Go Public. Jurnal Investasi. Universitas Padjadjaran.
Kieso, Donald E, Jerry J. Weydgant, Terry D. Warfield. 2007. IntermediateAccounting, Edisi dua belas. Jilid satu.Jakarta:Erlangga.
Kusuma, Ferra. 2012. Kemampuan labaBersih, Arus Kas Operasi dan Rasio Piutang untuk Mempengaruhi Arus Kas Masa Mendatang. Berkala IlmiahMahasiswa Akuntansi. Unika Widya Mandala Surabaya.
Sadeli, Lili. 2008. Dasar-dasar Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara.
Skousen,Fred K et. 2009. AkuntansiKeuangan: Konsep dan Aplikasi EdisiEnam Belas. Jakarta: Salemba Empat.
SR Soemarso. 2004. Akuntansi SuatuPengantar Buku 1 Edisi 5. Jakarta:

SalembaEmpat.
Soewardjono. 2007. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.
Titin Kostia Ramon. 2013. Pengaruh kemampuan Prdiktif Laba dan Arus Kas Operasi Dalam Meprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan. Universitas Negeri Padang. Padang.
Triyono.2011. Dampak Kualitas LabaTerhadap Kemampuan Prediksi Laba, Arus Kas, dan Komponen Akrual. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh 2011.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Vina, Yuwina dan Yulius Jogi Christiawan. 2014. AnalisisKemampuan Laba dan Arus Kas Operasi dalam Meprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan. Universitas Kristen Petra.
Warren, Reeve dan Fees, 1999. Pengantar Akuntansi I, Edisi Sembilan Belas, Salemba, Jakarta.
Wartini. 2013. Pengaruh laba Kotor, Laba Operasi dan laba Bersih dalam Meprediksi Arus Kas Aktivitas Operasi Di Masa Mendatang Studi Empiris PadaPerusahaan Manufaktur yang Bergerak Dibidang Sektor Industri dasar dan Kimia di Bursa

Efek Indonesia Periode. Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Wild, J, Subramanyam, & Robert F, Halsey. 2010. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2018-08-28