PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2016

Dwi Putri Elisa Siska & Romi Rianto Harahap

  • Dwi Putri Elisa Siska STIE Perbankan Indonesia
  • Romi Rianto Harahap STIE Perbankan Indonesia
Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2014-2016. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI).Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode regresi linear berganda, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji parsial (t-test), uji simultan (f-test) dan koefisien determinasi (R2). Untuk uji asumsi klasik penelitian ini menggunakan uji normalitas, multikolonearitas, autokorelasi dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh hasil kemampuan variabel independen yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan menjelaskan variabel dependen yaitu pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebesar 13,4% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta, Vol. 1, No. 1. Hal 160-161.
Ghozali, I. dan A. Chariri. 2013. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hadi, Nur. 2011. Corporate Social Responsibility edisi pertama. Yogyakarta: Graha ilmu.
Husein, Umar, (2010). Riset pemasaran dan bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sembiring, E. R., 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo. 15-16 September
Solihin, Ismail. 2013, Manajemen Strategik, Jakarta: Erlangga.
Sufren, dan Yonathan Natanel. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Rahman , L. F, et al. 2016. Buku Pedoman Penyusunan Laporan Magang, Skripsi, dan Jurnal. STIE Perbankan Indonesia: Padang.
Hasibuan, M. R. 2001. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap pengungkapan Sosial (Social Disclosure) Dalam Laporan Tahunan 76 Emiten di BEJ dan BES. Tesis. Semarang: Program Magister Akuntansi Universitas Diponegoro.
Global Reporting Initiative. GRI Sustainability Reporting Guide Lines G3. (Webiste https://www.globalreporting.org/.diakses pada 10 Januari 2012).
http://pride.co.id/2015/01/mengupas-csr-dalam-konsep-dan-sejarah/
https://isharyanto.wordpress.com/derap-ekonomi-publik/csr-sejarah-dan-pertumbuhannya
www.idx.co.id
Published
2018-08-28