Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Tingkat Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Telkom Indonesia Jakarta

  • teni agus tina Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Sumber daya manusia adalah hal-hal penting yang dimiliki oleh perusahaan, di mana sumber daya ini merupakan faktor utama dalam meningkatkan dan memajukan perusahaan. Lingkungan kerja adalah tempat karyawan untuk melakukan tugas dan pekerjaanya diperusahaan dan mencakup faktor-faktor yang dapat memengaruhi tingkat produktivitas karyawan. Penulis melakukan tempat penelitian di PT Telkom Indonesia dalam waktu 3 bulan. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. dalam pengambilan sampel penulis menggunakan metode sensus sampling dengan teknik pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan metode Cronbach's Alpha. Untuk membuktikan hipotesis, penulis menguji beberapa item dengan koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji regresi linier sederhana. Hasil pengujian nilai uji koefisien korelasi sebesar 0,625 yang menyatakan koefisien korelasi kuat dan untuk nilai uji koefisien determinasi sebesar 39,1% yang mempengaruhi lingkungan kerja terhadap tingkat produktivitas kerja karyawan sedangkan sisanya 60,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi kerja, insentif, dan gaya kepemimpinan. Sementara nilai koefisien regresi dari variabel lingkungan kerja adalah positif, diketahui bahwa konstanta adalah 20.758 dan lingkungan kerja adalah 0,580 yang berarti bahwa setiap kali memberikan 1 unit lingkungan kerja, produktivitas kerja karyawan akan meningkat sebesar 0,580. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kebingungan kerja terhadap tingkat produktivitas kerja karyawan.

References

Cv, K., Denpasar, H., Agung, I. G., Indrajaya, A., Ayu, I. G., & Adnyani, D. (n.d.). Kata Kunci: budaya organisasi, komunikasi, lingkungan kerja, produktivitas kerja. 410–422.
Labudo, Y. (2016). Jurnal EMBA Jurnal EMBA. Pengaruh Kesejahteraan Psikologis Karyawan, Job Enrichment, Dan Job Enlargment Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Ternate Maluku Utara, 4(1), 1356–1368.
Lestari, N. E. P. (2018). Pengaruh Motivasi,Kompetensi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Geotech Sistem Indonesia. Moneter, 5(1), 99–104.
Manik, S., & Syafrina, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri 009 Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 9(3), 158–167.
Rismayadi, B. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KARYAWAN (Studi Kasus pada CV Mitra Bersama Lestari Tahun 2014). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.36805/manajemen.v1i1.53
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi & Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan Kelima). PT. Refika Aditama.
Septiana, V. A. (2015). PRODUKTIVITAS KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Oleh : Vidya Arty Septiana Jurursan Manajemen , Fakultas Ekonomi ,. Jurnal Ilmiah Unpand, 17. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/237
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Rahmawanti, dkk. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. Jurnal Malang:Fakultas Ilmu Administrasi.
Published
2020-06-30