PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK KARAWANG

  • Ery Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Eka Syarifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Sudrajat Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai pengaruh kualitas produk dari Batik Karawang dan citra merek dari Batik Karawang terhadap keputusan pembelian dari pada konsumen Batik Karawang itu sendiri. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan populasi penduduk karawang yang merupakan konsumen dari Batik Karawang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis verifikatif, hasil dari analisis verifikatif adalah terdapat pengaruh parsial dan simultan dari kualitas produk dan citra merek terhadap  keputusan pembelian. Dari hasil penelitian ini diharapkan Batik Karawang dapat lebih dikenal dengan kualitas produk dan citra merek yang baik, khususnya kualitas produk yang ditingkatkan karena memiliki nilai rendah pada penelitian ini.

References

Arini, A.M .& Ambar, B.2011. Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta : Andi Offset
Aaker, D. A. 2010. Manajemen Ekuitas Merek, alih Bahasa; Aris Ananda.Edisi Revisi, Jakarta : Mitra Utama.
Alma, B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: penerbit Alfabeta.
Ferrinadewi, E. 2011. Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta : Graha Ilmu.
Kotler, P. & Amstrong, G. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kotler, P. & Kevin,L.K. 2016. Marketing Management, 15th
Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Machfoedz, M. 2013. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Akademi Manajemen
Pemasaran YPKPN
Tjiptono, F. & Gregorius C. 2012. Pemasaran Strategik.
Yogyakarta: CV Andi.
Tjiptono, F. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta : Andi Offset
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 23.Bandung :Alfabeta
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan 23.Bandung :Alfabeta, CV.
Martono, M & Iriani,S.S. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga danPromosi terhadap Minat Beli Konsumen Batik Sendnag Duwur Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2 (2): 687-699.
Putra, P.P. & Sunarti, A.Z. 2017. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal administrasi Bisnis, 48 (1): 124-131.
Winata, A.S. & Gienardy, R. 2013. Analisa persepsi Konsumen Terhadap Harga, Kualitas Produk, dan Suasana di Cafe My kopi O, 529 – 537. Jurnal Manajemen Perhotelan.
Ardiansyah, Y. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Huda, N. 2012. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha di Makasar. Universitas Hasanudin Makasar. Reporsitory.unhas.ac.id.n
Santi, S. 2018. Sejarah Batik Karawang. Available at https://infobatik.id/sejarah-batik-karawaang/ tanggal 04 Febuari 2019
Published
2020-06-30