PROFESIONALISME APARATUR SIPIL NEGARA DALAM RANGKA MENGATASI PATOLOGI PELAYANAN PUBLIK

  • Hamirul Hamirul Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo
  • Ariyanto Masnun Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo
  • Nova Elsyra Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo
Keywords: Profesionalisme, ASN, patologi, Patologi Birokrasi, Pelayanan Publik

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bahwa profesionalitas ASN dapat mengatasi patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik, dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan sebanyak 10 orang dan dihasilkan bahwa profesionalisme yang ada di pelayanan PUPR di kabupaen Tebo sudah sukup baik yakni meliputi: kemahiran, tanggung jawab, disiplin serta sikap pegawai sudah cukup, namun aspek kesiapan masih perlu pembenahan agar hal tersebut tidak merambat ke indikator lainnya terkait Profesionalisme aparatur dalam melayani kebutuhan masyarakat dan dengan profesionalisme yang diterapkan dalam pelayanan yang berkualitas sudah tentu dapat meminimalisir patologi yang ada dalam pelayaan publik terutama yang berkaitan dengan profesionalitas dari ASN sebagai abdi masyarakat.

References

Hamirul. (2016). Patologi dalam pelayanan publik karena persepsi dan gaya manajerial di kantor pertanahan Kota Cimahi. Seminar Nasional II Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Padang: Universitas Andalas.
Hamirul. (2017). Patologi yang dimanifestasikan dalam perilaku Birokrat yang bersifat disfungsional. Otoritas, 14-18.
Hamirul. (2018). Patologi Pelayanan Publik Di Era Revolusi Industri 4.0. Tata Sejuta, 1-16.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hasan, I. (2010). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Pasolong, H. (2012). Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: CV Alfa Beta.
Prasetyo, L. A. (2014). Metode Penelitian Sosial. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfa Beta.
Thoha (2001), Perilaku Organisasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, A. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Tjokrowinoto, M. (1996). Pembangunan, Dilema dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.
Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 (1) tentang Pelayanan Publik
Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
Kepmenpan 63 tahun 2003 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum.
Peraturan Bupati Tebo Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pemberian Tambahan Penghasilan Kepada Pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tebo atas Beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Tebo.
Published
2018-12-27