PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA HOTEL PANGERAN BEACH PADANG

  • Susriyanti Susriyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian desdkriptif kuantitatif  mengenai pengaruh pelayanan terhadap kepuasan tamu pada Hotel Pangeran Beach Padang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari Hotel Pangeran Beach Padang mengenai pelayanan terhadap kepuasan tamu Hotel Pangeran Beach Padang, yng diambil melalui penyebaran kuisioner dan data sekunder bersumber dari data yang sudah di Hotel Pangeran Beach Padang beserta sumber refensi yang digunakan.  Dari pengamatan yang telah dilakukan diketahui adanya keluhan pengunjung terhadap kualitas pelayananan ini. Dari hasil penelitian terhadap 100 orang responden dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda maka diperoleh  hasil pengujian  dengan menggunakan SPSS 16 maka terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas pelayanan yang dilihat dari Reability (X1), Responsiveness (X2), Assurance (X3), Empthy (X4), dan Tangible (X5)  terhadap kepuasan tamu pada Hotel Pangeran Beach Padang. Dari hasil pengolaan data dengan menggunakan R2 ditemukan nilai R2 sebesar  0,157, artinya keseluruhan dimensi kualitas pelayanan memiliki kontribusi dalam mempengaruhi kepuasan tamu pada Hotel Pangeran Beach Padang sebesar 15,7 %. Dengan uji f secara simultan semua dimensi kualitas yang menjadi variabel indpenden berpengaruh signifikan. Dengan uji regresi semua variabel berpengaruh positif namun secara parsial dengan uji t yang signifikan memberi pengaruh hanya Tangible (X5) saja sedangkan empat variabel lainnya tidak mempunyai pengaruh signifikan.

References

Barnes, 2003. “Secret of Relationship Management”. Jakarta.
Gasper dan Vincent, 2001. Kualitas Pelayanan, Gramedia, Jakarta.
Ghozali, 2005. Strategi Memilih Metode Penelitian. Yogyakarta.
Hermawan Kartajaya dkk. 2003. Rethinking Marketing. Jakarta.
Kotler, 2000. Dasar-dasar Pemasaran. Penerbit : Prenhalindo, Jakarta.
Kotler. 2004. Manajemen Pemasaran. Penerbit : Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Oliver dalam Barnes, 2003. Competitive Strategy. USA.
Parasuraman, et al dalam Lupiyoadi, 2001. Kepuasan Pelanggan. Bandung.
Parasuraman et.al, dalam Edwin, 2004. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta.
Riduwan dan Akdon, 2006. Skala Pengukuran Variabel. Jakarta.
Santoso, 2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Santoso, 2003. Pelayanan Yang Baik. Jakarta.
Sugiarto, 2003. Teknik Sampling. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Supranto, 2001. Analisis Kepuasan Pelanggan. Rhineka Chipta. Jakarta.
Tjiptono, 2000. Total Quality Management. Yogyakarta.
Zulian Yamit, 2005. Pengaruh Kualitas Jasa. Bandung.
Published
2018-12-27