PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Hariman Syaleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Haji Agus Salim Bukittinggi
Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan, Pasaman Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dengan model skala likert kemudian diuji ke validan dan kehandalan dari kuisioner tersebut. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode Binery logistik dengan menggunakan program SPSS 20.00. Tujuan dari Binery logistik untuk melihat keterkaitan pengaruh  variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil dari penelitian ini adalah a). Bukti fisik (X1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. b). Kehandalan  (X2)  terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. c). Daya tanggap (X3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat d.) Jaminan (X4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat. e). Empati (X5) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasaman Barat.

References

Imelda Tamba. (2018). Kualitas Pelayanan SDM Mempengaruhi Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Credit Union STIE Perbankan Indonesia. Jurnal Marketing Vol . 1 No . 1 2018
ASH Shadiq Egim. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Bank Sinarmas Cabang Padang STIE Perbankan Indonesia Jurnal Marketing Vol . 1 No . 1 2018 E ISSN 2621 – 6647, 1(1).
Januar Efendi Panjaitan. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung, 11(2).
Aryani, D. W. I. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, 17, 114–126.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM. SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Dedi Suharyadi. (2018). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada toko yoehan wanaherang bogor, 3(2), 289–296.
Uus MD Fadli. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Saung Endah Karawang, 2(1), 208–216.
Wijayanto, K. (2015.). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank, Vol. 17 No 1, 38–45.
Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di ahass sumber jaya maha sakti kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi, 12, 15–25. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465
Adi, Kadek., Yasa, Saputra (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Warnet Nadiputra Di Denpasar,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia, 1798–1810.
Eswika Nilasari & Istiatin (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer pt. Ramayana motor Sukoharjo, 13(1), 1–12.
Happy, W. A. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Pada Luwes Loji Wetan Solo ), 1–87.
Tari Ulfa Wardani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara).
Published
2018-12-26