MANFAAT PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOBIL BEKAS PADA SHOWROOM LINTAS MOTOR MUARA BUNGO

  • Ariyanto Masnun Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo
  • Nova Elsyra Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo
  • Hamirul Hamirul Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo
Keywords: Pemasaran, Bauran Promosi, kabupaten Bungo, Lintas Motor

Abstract

Promosi merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam manajemen pemasaran, karena promosi merupakan kegiatan perusahaan dalam usahanya untuk berkomunikasi dengan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan, dan konsumen Showroom Lintas Motor Muara Bungo yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan analisis data Trianggulasi. Hasil penelitian diketahui bahwa promosi yang dilaksanakan Showroom Lintas Motor Muara Bungo dalam meningkatkan penjualan diantaranya melalui iklan, promosi penjualan, public relation, personal selling serta melakukan pemasaran langsung. Terdapat beberapa hambatan implementasi promosi dalam meningkatkan penjualan pada Showroom Lintas Motor Muara Bungo, diantaranya adalah belum optimalnya penggunaan media sosial sebagai media iklan, tidak ada kerjasama bisnis showroom lain pada Public Relations, pengadaan barang terbatas pada Personal Selling, Banyak konsumen yang tidak berkenan dihubungi. Upaya yang dilakukan dilakukan untuk mengatasi hambatan implementasi promosi optimalisasi penggunaan media sosial dan promosi dari mulut ke mulut sebagai bentuk iklan, pemberian bonus ringan, berbagi informasi dengan showroom lain pada public relations, bekerjasama dengan showroom lain pada personal selling, memanfaatkan group whatsaps.

References

A.S, M. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Amstrong, P. K. (2017). Prinsip- Prinsip Pemasaran, Jilid I Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Keller, P. K. (2017). Manajamen Pemasaran Jilid I Edisi Ke-13. Jakarta: Indeks.
Miles, M. B. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Pres.
Muhidin, M. A. (Bandung). Panduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang Sosial-Administrasi-Pendidikan). 2011: Pustaka Setia.
Sampara, L. (2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: Press.
Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.
Sewu, J. I. (2003). Hukum Bisnis (Dalam Persepsi Manusia Modern). Bandung: Reika Aditama.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2001). Manajemen Pemasaran Modern . Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2009). Service Marketing (Esensi dan Aplikasi). Yogyakarta: Marknesis.
Triguno. (1997). Budaya Kerja. Jakarta: Golden Terayon Press.
Ukas, L. M. (2006). Pengantar Bisnis Ilmu Menjual. Cetakan ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum . Jakarta: Grasindo.
Winardi. (2002). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen . Jakarta: Raja Grafindo.
Published
2018-12-26