PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DETTOL BODY WASH DI KOTA PADANG

  • RICHE FERMAYANI STIE Perbankan Indonesia
Keywords: Brand awareness, brand association, perceived quality, loyalitas

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,dan membuktikan seberapa besar pengaruh brand awareness, brand association, dan perceived quality terhadap loyalitas pelanggan Dettol body wash di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang yang merupakan pelanggan Dettol body wash atau pernah membeli Dettol body wash dan jumlahnya tidak diketahui. Sedangkan sampelnya diambil dengan menggunakan rumus Chochran dengan jumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Brand awareness berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Dettol body wash, 2) Brand association berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Dettol body wash, dan 3) Perceived quality berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Dettol body wash.

References

Agus Irianto. 2007. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Ainur Rofiq, Nanang Suryadi dan Nita Nur Faidah. 2009. Peranan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Telepon Seluler. The 3rd National Conference on Management Research.
Aaker, Jennifer L. (1997), “Dimensions of brand personality”, Journal of Marketing Research, Vol. 34 No. 3, pp. 347-357.
Barnes, James G. 2003. Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Terjemahan Andreas Winardi. Yogyakarta: Andi.
Darmadi Durianto, Sugiarto dan Lie Jiko Budiman. 2004. Brand Equity ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Darmadi Durianto. Sugiarto dan Sitanjak. 2001. Strategi Menaklukan Pasar melalui Riset Equitas & Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Fandy Tjiptono. 2011. Manajemen & Strategi merek. Yogyakarta: Andi offset.
Farid Hadi Alyasa dan Nunik Kusinilawati. 2012. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Sepeda Motor Kawasaki Ninja (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Semarang. Jurnal Mahasiswa Q-Man Vol. 1. No. 3.
Florentinus Hendi Hera Quantrianto, Prihatin Tiyanto Priagung Hutomo dan Emiliana Sri Pujiarti. 2013. Pengaruh Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Kecap Manis Merek ABC (Studi Konsumen Swalayan Ada Siliwangi Semarang). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis Vol. 1 No. 1 a.
Freddy Rangkuti. 2004. The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Frontier Consulting Group. 2015. “Top Brand Index 2012-2014”. Online. www.topbrand-award.com. (diakses tanggal 28 april 2015).
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.
Husein Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Imam Ghozali. 2005. AplikasiAnalisisMulvariatDengan Program SPSS. Semarang: BadanPenerbitUniversitasDiponogoro.
Karlina Nanin. 2010. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Membeli Produk Air Minum Kemasan Galon Merek Aqua Di Kelurahan Sumber Sari Malang.” Jurnal Diterbitkan Universitas Negeri Malang.
Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller. 2009. Manejemen Pemasaran jilid 1. Alih Bahasa: Bob Sabran. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Rahma Utami. 2012. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Teh Botol Sosro Di Wilayah DKI Jakarta.” Jurnal Diterbitkan Universitas Nasional.
Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS) Tuntutan Praktis Dalam Menyusun Skripsi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Shimp, Terence A. 2004. Periklanan Promosi. Jilid I Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Singgih Santoso dan Fandy Tjiptono. 2002. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta. Elex Media Komputindo.
Published
2018-09-03
Section
Artikel