KUALITAS PELAYANAN SDM MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM CREDIT UNION JEMBATAN KASIH KP TANJUNG UNCANG DI KOTA BATAM

  • IMELDA TAMBA STIE Bentara Persada
  • MARIA FLORIDA BUNGA MAKIN STIE Bentara Persada
  • LAURENSIUS ARLIMAN S STIH Padang
Keywords: Pelayanan, Kepuasan, Credit Union, Anggota, Kualitas

Abstract

Komponen dalam pengembangan program pelatihan yang efektif dan efisien diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku sumber daya manusia di lingkungan lembaga serikat kredit. Populasi penelitian adalah 400 orang. Sampel berjumlah 100 anggota CUJK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan sumber daya manusia (SDM) dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota Credit Union.

References

Agusta, L. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Karyawan CV. Haragon Surabaya. Agora, Vol. 1, No 3. 2013.
Badeni. Kepempinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta, 2013.
Faisal, M. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Sentra Operasi Trminal (SOT) Kntor Cabang Utama PT (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta 2006. Skripsi; Trisakti: Jakarta, 2007.
Gunawan, A. Manajemen Pemasaran. Jogjakarta: YKPN, 2014.
Koerman. Manajemen Koperasi Terapan, Prestasi Terapan. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya, 2013

arjono, D. Kiat Sukses Koperasi Indonesia. Jakarta: CV Sinar Kumala, 2015.
Nandan, H. Wilhelmus. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam bisnis. Pola Kebijakan Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Jembatan Kasih, 2015.
Very, L. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerja Dan Kinerja Kerja Karyawan. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, 2012.
Wiratna, V. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: PT Pustaka Baru, 2014.
Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2014.
Yunus. M. Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama , 2008.
Published
2018-09-03
Section
Artikel