PENGARUH BAURAN PEMASARAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NASABAH PT. BANK NAGARI CABANG SITEBA PADANG

  • KARMIATIL HUSNI STIE Perbankan Indonesia
Keywords: bauran pemasaran, tempat, keputusan pembelian, bank nagari siteba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran tempat yang terdiri dari saluran pemasaran, cakupan pasar, pengelompokkan lokasi, dan transportasi terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Nagari cabang Siteba, Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran tempat yang terdiri atas saluran pemasaran (X1), cakupan pasar (X2), pengelompokkan lokasi (X3) dan transportasi (X4), secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan negatif. Dimana persamaan regresi Y = 1,451 + 0,049X1 + 0,036X2 – 0,069X3 – 0.015X4. Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa bauran pemasaran tempat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dengan tingkat signifikans sebesar 0,001atau 0,1%. Namun berdasarkan uji parsial (T), semua variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah yaitu saluran pemasaran sebesar 1,104 cakupan pasar sebesar 0,583, pengelompokkan lokasi sebesar -1,259, transportasi -0,308 itu artinya berpengaruh signifikan positif dan negatif terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Nagari cabang Siteba, Padang.

References

Kasmir. 2004.Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Devi Anita Subagyo, 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran Dalam Bisnis Restoran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Rumah Makan Lestari Jember. Jember: Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. (online) (http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/5444/Devi%20Anita%20Subagyo.pdf?sequence=1, diakses tanggal 2 Oktober 2014).
Irsad Z. 2010. Analisis Marketing Mix (Product, Price, Promotion, dan Place) yang
Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pengguna Operator ESIA (Studi kasus pada Masyarakat Ciputat Timur). Jakarta: Skripsi Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah. (online) (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/21219/1/IRSAD.%20Z-FEB.pdf, diakses tanggal 29 September 2014).
Fida Fathimah.2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Air
Mineral Asa di Samarinda. Journal Ilmu Administrasi Bisnis. Samarinda: Fisip Universitas Mulawarman. (online) (http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2013/11/FIDA%20FATHIMAH%20(11-20-13-01-47-44).pdf, diakses tanggal 2 September 2014).
Kotler, Philip. 2002. Marketing Management. Alih bahasa Hendra Teguh, Ronny A. Rusli, Benjamin Molan. Jakarta: PT Prehallindo.
Kotler, Philip. Adaptasi A.B. Susanto terjemah Ancella Anitawati Hermawan 2000.
Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen pemasaran. jilid 1. Edisi ke 13 jakarta: erlangga.
Kotler, Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran 2. Edisi keduabelas .jakarta: erlangga.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta; Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing managemen 13. New jersey: Pearson Pretice Hall,Inc.
Mursid, M. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: PT
Salemba Empat Patria.
Muhamad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tika, Pabundu. 2006. Metode Reiset Bisnis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ghozali.,iman . 2009. Aplikasi multivariate dengan program SPSS badan penerbit Universitas Diponogoro: Semarang.
Published
2018-09-03
Section
Artikel